Makanan Berserat Tinggi

Meskipun banyak sekali saran yang menggembar-gemborkan hal terbaik berikutnya dalam penurunan berat badan, satu hal yang tetap pasti: makanan berserat tinggi dapat membantu. Selain meningkatkan kadar gula darah yang sehat dan bahkan menghilangkan kalori dari makanan yang kita makan, serat berinteraksi dengan hormon yang disebut cholecystokinin (CCK) untuk Manfaat Makanan Berserat Tinggi memberikan beberapa manfaat yang cukup rapi bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.
Banyak orang tidak menyadari bahwa usus kecil menghasilkan hormon kecil yang bagus ini yang sebenarnya meningkatkan rasa kenyang (perasaan kenyang setelah makan). Pada dasarnya, CCK adalah pembawa pesan yang memberi tahu tubuh bahwa Anda sudah kenyang dan sudah waktunya untuk berhenti makan. Ketika Anda makan makanan tinggi serat, serat itu membantu meningkatkan dan memperpanjang peningkatan CCK dalam darah, yang pada gilirannya memungkinkan Harga Jual Flimty Fiber Murah Anda merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama.

CCK adalah hormon gastrointestinal yang bertanggung jawab untuk merangsang pencernaan lemak dan protein. Ini disekresikan oleh duodenum (segmen pertama dari usus kecil Anda), yang kemudian merangsang pelepasan enzim dari pankreas dan empedu dari kantong empedu untuk membantu pencernaan. Faktanya, CCK memediasi sejumlah proses fisiologis.
Di antara ilmuwan pertama yang menemukan efek CCK adalah tim peneliti dari University of California, Davis. Mereka menemukan bahwa wanita yang makan makanan berserat tinggi melepaskan lebih banyak CCK ke dalam aliran darah mereka daripada wanita yang makan makanan rendah serat. Hal yang sama berlaku bagi mereka yang makan makanan tinggi lemak sebagai lawan dari makanan rendah lemak. Pernahkah Anda memperhatikan bahwa ketika Anda makan banyak lemak, seperti steak besar yang berair, Anda merasa puas? Itu karena lemak melepaskan hormon yang sama. Mereka yang makan makanan tinggi lemak dan tinggi serat melaporkan perasaan kenyang yang lebih besar, yang dikaitkan dengan tingkat CCK yang lebih tinggi dalam tubuh mereka. Dan bagaimana dengan pria?

Studi lain menegaskan bahwa hasil yang sama berlaku untuk pria. Sekelompok subjek laki-laki diuji menggunakan makanan berserat tinggi dan makanan rendah serat secara acak. Makanan uji dan makanan kontrol termasuk telur, roti, jeli, jus jeruk, susu, dan margarin. Makanan tinggi serat mengandung kacang putih, sedangkan makanan rendah serat mengandung nasi dan susu kering. Para peneliti mengukur tingkat CCK subjek sebelum makan dan kemudian selama enam jam sesudahnya. Tidak mengherankan, hasilnya menunjukkan respons CCK yang dua kali lebih tinggi setelah makan tinggi serat dibandingkan setelah makan rendah serat.

Jadi, apakah Anda ingin menurunkan berat badan atau hanya ingin membantu mengekang nafsu makan Anda sepanjang hari, pastikan untuk menimbun makanan kaya serat seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, kacang-kacangan dan biji-bijian. Anda akan segera melihat mengapa sedikit serat sangat berguna!

 

 

Leave a Reply