Mengamankan sistem IT Anda sebelum libur panjang

Mengamankan sistem IT Anda sebelum libur panjang

Liburan panjang akhir tahun sudah semakin dekat. Kami yakin Anda telah menantikan akhir pekan yang panjang karena akhirnya akan memberi Anda istirahat dan relaksasi yang Anda idamkan.

Namun, sebelum Anda memulai liburan, Anda harus menyadari bahwa banyak peretas lain juga menantikan akhir pekan yang panjang.

Bukan karena mereka ingin memiliki waktu henti, tetapi karena hari libur selalu merupakan waktu yang tepat untuk menyerang sistem IT, karena karyawan biasanya tidak memeriksa email kantor mereka untuk mengetahui adanya aktivitas yang tidak biasa selama liburan.

Berikut beberapa pencegahan yang bisa dilakukan.

1. Ubah kata sandi Anda

Jika Anda tidak mengubah kata sandi sistem Anda secara teratur, terutama jika itu adalah kata sandi yang lemah (mudah ditebak), Anda secara efektif mengundang pelanggaran keamanan.

Musim liburan panjang yang mendekat adalah motivator yang sangat baik untuk mengubah kata sandi Anda. Pastikan kata sandi Anda cukup rumit, dengan rangkaian kata, angka, dan simbol yang panjang, agar sulit bagi peretas untuk masuk ke sistem Anda.

2. Perbarui perangkat lunak Anda

Alih-alih menundanya sampai Anda kembali bekerja, lakukan sebelum Anda pergi untuk liburan panjang Anda. Peretas dapat memanfaatkan kelelahan Anda, mengetahui bahwa Anda akan menundanya sampai tiba waktunya untuk kembali bekerja.

Untuk mengecoh mereka, tetap up to date pada versi perangkat lunak terbaru yang tersedia di pasar, yang dapat melindungi Anda dari kerentanan terkenal. Lebih baik melakukannya sekarang daripada menunggu sampai liburan berakhir, karena saat itu akan terlambat.

3. Perhatikan siapa yang memiliki akses jarak jauh

Sekarang saatnya untuk memilih pihak ketiga yang dapat mengakses sistem Anda dari jarak jauh. Mungkin mereka adalah konsultan ahli atau pekerja paruh waktu. Anda harus selalu mengawasi aktivitas mereka dan membuat mekanisme untuk menjaga hak istimewa mereka, terutama selama liburan.

Selain itu, jangan lupa untuk memblokir akses pihak ketiga yang masa berlakunya telah berakhir. Seringkali, pelanggaran keamanan terjadi karena kelalaian kecil, seperti tidak memilah orang yang telah meninggalkan perusahaan dari sistem.

Anda bisa mempercayakan Telkom DWS sebagai salah satu partner teknologi keamanan data untuk perusahaan Anda.

Leave a Reply